Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Budidaya Ikan Betok atau Ikan Papuyu Cukup Menjanjikan

Budidaya Ikan Betok atau Ikan Papuyu Cukup Menjanjikan

Salah satuu spesies ikan lokal air tawar di Kalimantan Selatan yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai ikan budidaya adalah ikan betok atau biasa juga disebut ikan papuyu. Budidaya ikan betok yang sudah dikembangkan di Kalimantan Selatan meliputi usaha pembenihan dan pembesaran di kolam keramba.

Peluang pasar untuk komoditas ikan betok cukup bagus karena diminati masyarakat sebagai ikan konsumsi dengan harga kisaran rp40.000 hingga rp60.000 per kg. Selama ini kebutuhan benih ikan betok maupun ikan konsumsi nya masih mengandalkan hasil penangkapan di alam, sehingga hal ini cenderung mengakibatkan penurunan jumlah populasi ikan beok di alam.

Budidaya Ikan Betok atau Ikan Papuyu
Budidaya Ikan Betok atau Ikan Papuyu

Untuk mengatasi hal tersebut maka usaha budidaya menjadi pilihan yang tepat untuk dilakukan baik dalam masyarakat pembudidaya maupun pelaku usaha perikanan lainnya, karena teknologi budidaya ikan betok sudah tersedia. Pengembangan budidaya ikan betok yang sudah dilakukan melalui penerapan teknologi pembenihan dan pembesaran dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan protein hewani dan dapat menciptakan peluang usaha yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ikan betok banyak ditemui di perairan umum seperti danau sungai rawa dan genangan air tawar lainnya, selain di perairan tawar ikan betok dapat hidup di perairan payau. Ikan betok dikenal sebagai pemakan segalanya makanannya berupa tumbuh-tumbuhan air seperti eceng gondok, kiambang, gulma itik, iapu, ikan-ikan kecil dan hewan-hewan kecil lainnya. Pakan merupakan salah 1 faktor yang dapat menunjang dalam perkembangan ikan, di mana fungsi utama pakan adalah untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan.

Pakan yang berasal dari alam tidaklah cukup untuk kebutuhan ikan, maka diperlukan pakan buatan yang tepat dan berkesinambungan. Keperluan pakan memberikan kontribusi lebih dari 50% dari biaya produksi. Ikan betok memiliki kemampuan hidup tanpa air selama 6 sampai 10 jam, oleh karena keunikan tersebut, ikan betok dapat memasuki wilayah baru dan memperluas wilayah sebaran luar habitat aslinya. Misalnya kejadian pindahnya ikan betok dari Indonesia timur ke Papua Nugini bahkan pada tahun 2005 ikan betok ditemukan di salah satu pulau kecil di Australia yaitu pulau Saibay.

Di Indonesia ikan ini dapat ditemukan di Sulawesi, daratan Sunda, Sumatera, Kalimantan dan termasuk ikan introduksi untuk irian jaya. Penyebaran ikan betok di dunia cukup luas mulai dari India, Tiongkok, Sri Lanka, Cina bagian selatan, Filipina, Asia tenggara lainnya dan juga sepanjang garis Wallace. Ikan ini merupakan ikan asli di wilayah Asia tenggara, Srilanka Filipina, dan Cina.

berikut ini langkah langkah cara buddidaaya ikan betok:

1. Mempersiapkan  kolam

Pertama cara budidaya ikan betok yang perlu kita lakukan adalah mempersiapkan kolam terlebih dahulu. Ikan betok bisa dibudidayakan di berbagai macam kolam ikan baik itu kolam terpal, semen, maupun tanah dengan syarat memiliki sirkulasi air yang baik. Akan tetapi supaya hasil panen ikan betok maksimal disarankan untuk membudidayakan ikan betok di kolam tanah, karena pada kolam tanah terdapat pakan alami seperti plankton cacing dan pakan alami lainnya.

2. Pemijahan

Langkah kedua ternak ikan betok ini adalah pemijahan, akan tetapi sebelum melakukan pemijahan kita perlu membedakan ikan jantan dan betina. siapkan dua ekor ikan betina yang sudah disuntikan dengan ovaprim, ovaprim adalah sebuah perangsang ovulasi ikan  kemudian masukkan ikan tersebut ke dalam akuarium, lalu masukkan juga 8 ekor ikan betok jantan ke dalam tempat tersebut yang akan digunakan untuk proses pemijahan. Umumnya telur akan menetas dalam waktu telur akan menetas dalam waktu 20 hingga 24 jam.


3. Menebarkan bibit

Cara menebarkan bibit ikan beton sama seperti proses penyebaran ikan air tawar pada umumnya pilihlah bibit ikan yang sudah berumur supaya bisa beradaptasi dengan cepat dengan air kolam pakaian yang cocok untuk benih ikan betok adalah pakan berupa pellet.


4. Proses pembesaran

Langkah budidaya selanjutnya yaitu proses pembesaran pada tahap ini perlu memperhatikan pemberian pakan yang baik dan benar secara rutin, Setelah berusia 4 bulan ikan betok sudah bisa dipanen

5. Pemanenan

Ada 2 cara yang bisa anda lakukan yaitu panen total dan panen selektif tergantung tujuan pemanenan tersebut. Apakah ikan tersebut akan dikonsumsi atau digunakan untuk produksi. 

Menurut salah seorang peternak ikan betok di Kalimantan yang menjual sendiri ikannya untuk ukuran super yakni 1 kg berisi 6 hingga 10 ekor dijual dengan harga rp100.000 per kg. Sedangkan untuk ukuran biasa yang 1 kg hanya lebih dari 10 ekor dihargai dengan rp80.000 per kilonya. Ada juga peternak yang menjual bibit ikan betok ikan betok ukuran 1 hingga 3 cm seharga rp350 per ekor dan ukuran 5 hingga 7 cm dihargai 750.

Bahkan kabupaten Banjar telah memiliki kampung yang berada di desa karang intan kecamatan karang intan yang menjadi sentra budidaya ikan papuyu pertama di Kalimantan Selatan. Di lokasi ini ada sekitar 54 pembudidaya melakukan pembenihan hingga pembesaran ikan lokal dengan total lahan kurang lebih 14 hektar di mana produksi ikan papuyu per bulan per jumlah rata-rata 5000 ekor atau kurang lebih 1 ton.

Ikan papuyu di pasaran sendiri memiliki harga yang berbeda untuk grad satu biasanya dijual dengan harga rp80.000 sementara untuk gran 2 dengan harga rp40.000 per kg dan terakhir grad 3 dengan harga rp25.000 per kg. Salah satu pembudidaya ikan mengungkapkan usaha budidaya ikan ini cukup berhasil dan menjanjikan terlebih untuk penjualannya pun cukup lancer.

Gimana setelah membaca uraian diatas, apakah Anda tertarik untuk ikut usaha membudidayakan ikan betok atau papuyu? Jika dirasa informasi ini bermanfaat jangan lupa komen dan share artikel ini ya… Terimakasih..


Posting Komentar

© PAPANINFO.COM. All rights reserved. © 2021 nama blogger